Antisipasi Penyelundupan, Handphone Pegawai Lapas di-Scan Barcode

Antisipasi Penyelundupan, Handphone Pegawai Lapas di-Scan Barcode

Radarcirebon.com, CIREBON - Mengantisipasi penyelundupan handphone kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas I Cirebon memberlakukan check in scanning barcode kepada seluruh pegawai, saat hendak masuk dan pulang kerja.

Setiap handphone pegawai, difoto dan didata warna dan bentuknya, merk, nomor untuk diinput dalam database aplikasi, kemudian ditandai dengan barcode yang ditempel pada bagian belakang handphone.

Ketika discanning saat hendak masuk dan pulang, akan langsung muncul data handphone pegawai yang pegawai bersangkutan.

Kepala Lapas kelas I Cirebon Yulius Sahruzah menjelaskan, prosedur pemeriksaan handphone pegawai lewat barcode ini, diprakarsai pihaknya karena melihat fenomena di masa pandemi ini masih saja ada kejadian penyelundupan handphone ke tangan WBP di beberapa Lapas.

Baca juga:

Padahal, di masa pandemi Dirjen Pemasyarakatan memberlakukan kebijakan peniadaan kunjungan.

“Saat pandemi ini kan tidak ada kunjungan, tapi masih ada di beberapa Lapas peredaran kejahatan yang dikendalikan dari dalam melalui HP. Lantas, siapa lagi kecurigaan kalau oleh pegawai,” ujarnya.

Sehingga, dari prosedur wajib scaning barcode handphone bagi seluruh pegawai ini, terbukti bisa menjaring dan meminimalisir penyelundupan handphone ke dalam Lapas.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: